Thursday, April 1, 2010

SISTEM POLITIK PEMERINTAHAN NEGARA PASIFIK BARAT DAYA INDONESIA

Politik dan Pemerintahan

Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
MPR pernah menjadi lembaga tertinggi negara unikameral, namun setelah amandemen ke-4 MPR bukanlah lembaga tertinggi lagi, dan komposisi keanggotaannya juga berubah. MPR setelah amandemen UUD 1945, yaitu sejak 2004 menjelma menjadi lembaga bikameral yang terdiri dari 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang merupakan wakil rakyat melalui Partai Politik, ditambah dengan 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan wakil provinsi dari jalur independen.[24] Anggota DPR dan DPD dipilih melalui pemilu dan dilantik untuk masa jabatan lima tahun. Sebelumnya, anggota MPR adalah seluruh anggota DPR ditambah utusan golongan dan TNI/Polri. MPR saat ini diketuai oleh Taufik Kiemas. DPR saat ini diketuai oleh Marzuki Alie, sedangkan DPD saat ini diketuai oleh Irman Gusman.
Lembaga eksekutif berpusat pada presiden, wakil presiden, dan kabinet. Kabinet di Indonesia adalah Kabinet Presidensial sehingga para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan tidak mewakili partai politik yang ada di parlemen. Meskipun demikian, Presiden saat ini yakni Susilo Bambang Yudhoyono yang diusung oleh Partai Demokrat juga menunjuk sejumlah pemimpin Partai Politik untuk duduk di kabinetnya. Tujuannya untuk menjaga stabilitas pemerintahan mengingat kuatnya posisi lembaga legislatif di Indonesia. Namun pos-pos penting dan strategis umumnya diisi oleh menteri tanpa portofolio partai (berasal dari seseorang yang dianggap ahli dalam bidangnya).
Lembaga Yudikatif sejak masa reformasi dan adanya amandemen UUD 1945 dijalankan oleh Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, dan Mahkamah Konstitusi, termasuk pengaturan administrasi para hakim. Meskipun demikian keberadaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tetap dipertahankan.

VANUATU
Politik di Vanuatu Parlemen Vanuatu
Republik Vanuatu adalah sebuah demokrasi parlementer dengan konstitusi tertulis, yang menyatakan bahwa "kepala Republik akan dikenal sebagai Presiden dan harus melambangkan kesatuan bangsa." Kekuasaan Presiden Vanuatu, yang dipilih 5 tahun sekali oleh dua pertiga mayoritas pemilihan perguruan tinggi, terutama seremonial. The pemilihan perguruan tinggi terdiri dari anggota Parlemen dan presiden Dewan Daerah. Presiden dapat dihapus oleh dewan pemilih untuk berat kesalahan atau ketidakmampuan. Perdana Menteri, yang merupakan kepala pemerintahan, yang dipilih oleh suara mayoritas dari tiga-perempat kuorum DPR. Perdana menteri, pada gilirannya, mengangkat Dewan Menteri, yang jumlah tidak boleh melebihi seperempat dari jumlah wakil parlemen. Perdana Menteri dan Dewan Menteri membentuk pemerintah eksekutif.
Parlemen Vanuatu adalah tunggal dan memiliki 54 anggota, yang dipilih melalui pemilu setiap empat tahun kecuali jika sebelumnya dibubarkan oleh suara mayoritas dari tiga perempat kuorum atau dengan arahan dari Presiden atas saran Perdana Menteri. Dewan nasional Kepala, yang disebut Malvatu Mauri dan dipilih oleh dewan distrik kepala suku, menyarankan pemerintah pada semua hal mengenai ni-Vanuatu budaya dan bahasa.
Selain otoritas nasional dan angka, Vanuatu juga memiliki orang-orang yang ditempatkan tinggi di tingkat desa. Kepala suku dan masih tokoh-tokoh terkemuka di tingkat desa. Telah dilaporkan bahwa bahkan politisi harus mewajibkan mereka. Satu menjadi seperti sosok dengan mengadakan sejumlah perayaan mewah (masing-masing yang memungkinkan mereka pesta seremonial yang lebih tinggi grade) atau dengan cara lain melalui warisan (yang terakhir hanya di desa-desa yang dipengaruhi Polynesia). Vanuatu utara, pesta yang dinilai melalui sistem nimangki.
Pemerintah dan masyarakat di Vanuatu cenderung untuk membagi linguistik sepanjang garis Perancis dan Inggris. Membentuk pemerintah koalisi, bagaimanapun, telah terbukti bermasalah pada kali disebabkan oleh perbedaan antara bahasa Inggris dan Perancis speaker.
Mahkamah Agung terdiri dari seorang kepala keadilan dan sampai tiga hakim lainnya. Dua atau lebih anggota pengadilan ini mungkin merupakan pengadilan tinggi. Hakim pengadilan menangani masalah-masalah hukum yang paling rutin. Sistem hukum Inggris didasarkan pada hukum umum dan undang-undang sipil Perancis. Konstitusi juga menyediakan untuk pembentukan pengadilan desa atau pulau yang dipimpin oleh kepala suku untuk menangani pertanyaan-pertanyaan tentang hukum adat.

TAVALU
Tuvalu adalah sebuah monarki konstitusional dan Persemakmuran dunia, dengan Ratu Elizabeth II menjabat sebagai kepala negara negara, yang menyandang gelar Ratu Tuvalu. Ratu tidak berada di pulau dan di Tuvalu diwakili oleh seorang Gubernur Jenderal, yang diangkat oleh Ratu atas nasihat dari negara terpilih sebagai Perdana Menteri. Parlemen tunggal setempat, atau fale aku Fono, mempunyai 15 anggota dan dipilih setiap empat tahun. Anggotanya memilih Perdana Menteri yang merupakan kepala pemerintahan. Kabinet ditunjuk oleh Gubernur Jenderal atas saran Perdana Menteri. Setiap pulau juga memiliki kepala tinggi atau ulu-Aliki, dan beberapa sub-kepala suku (alikis) dan tua-tua. Para tua-tua bersama-sama membentuk sebuah pulau dewan tetua atau te sina o fenua (harfiah: "grey-rambut"). Di masa lalu, kasta yang lain, yaitu salah seorang pendeta (tofuga) juga di antara para pembuat keputusan. The sina o fenua, Aliki dan ulu-latihan Aliki otoritas informal di tingkat lokal. Ulu-Aliki selalu dipilih berdasarkan keturunan, dan sekarang mereka berbagi kekuasaan dengan pule o kaupule (desa terpilih presiden; satu di tiap atol). Tidak ada partai-partai politik formal dan kampanye pemilu sebagian besar berdasarkan pribadi / ikatan keluarga dan reputasi.
Pengadilan tertinggi di Tuvalu adalah Pengadilan Tinggi, ada delapan Pulau Pengadilan dengan yurisdiksi terbatas. Keputusan dari Pengadilan Tinggi dapat mengajukan banding ke Pengadilan Banding Tuvalu. Dari Pengadilan Tinggi ada hak untuk naik banding untuk Yang Mulia di Dewan, yaitu Dewan Penasihat di London.
Pertahanan Tuvalu tidak memiliki kekuatan militer biasa, dan tidak menghabiskan uang di militer. Kepolisian yang meliputi Unit Pengawasan Maritim untuk pencarian dan misi penyelamatan dan pengawasan operasi. Polisi memiliki Pasifik kapal patroli kelas (Te Mataili) yang diberikan oleh Australia di bawah Program Perahu Patroli Pasifik untuk digunakan dalam pengawasan maritim dan perikanan patroli.

POLINESIA PRANCIS
Politik Polinesia Perancis terjadi dalam kerangka demokrasi representatif parlementer jajahan seberang laut Perancis, di mana Presiden Polinesia Perancis adalah kepala pemerintahan, dan dari sistem multi partai. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh pemerintah. Kekuasaan legislatif diberikan pada pemerintah dan Majelis Polinesia Perancis (teritorial rakitan). Politik Polinesia Prancis terjadi dalam Kerangka representatif demokrasi parlementer SEBERANG jajahan Prancis Tahun laut, di mana Presiden Polinesia Prancis Tahun adalah kepala pemerintahan, dan dari sistem multi partai. Kekuasaan Eksekutif dilaksanakan oleh pemerintah. Kekuasaan Legislatif baik di pemerintahan dipegang dan Majelis Polinesia Prancis Tahun (Sejarah rakitan).
Kehidupan politik di Polinesia Perancis telah ditandai oleh ketidakstabilan besar sejak pertengahan 2000-an. Kehidupan politik di Polinesia Prancis Tahun telah ditandai oleh ketidakstabilan besar sejak pertengahan 2000-an. Pada 14 September 2007, pemimpin pro-kemerdekaan Oscar Temaru, 63, terpilih sebagai presiden Polinesia Perancis untuk ke-3 kalinya dalam 3 tahun (dengan 27 of 44 votes cast di teritorial rakitan). Ia digantikan mantan Presiden Gaston Tong Sang, menentang kemerdekaan, yang kehilangan mosi tidak percaya di Majelis Polinesia Perancis pada tanggal 31 Agustus setelah mantan presiden lama Polinesia Perancis, Gaston Flosse, sampai sekarang menentang kemerdekaan, memihak musuh yang panjang Oscar Temaru untuk menggulingkan pemerintah Gaston Tong Sang. Pada 14 September 2007, yang pro-kemerdekaan pemimpin Temaru Oscar, 63, Sebagai presiden terpilih untuk Polinesia Prancis Tahun ke-3 kalinya dalam 3 tahun (dengan 27 of 44 votes cast di Teritorial rakitan). Ia digantikan mantan Presiden Gaston Tong Sang, menentang kemerdekaan, yang kehilangan mosi tidak percaya di Majelis Polinesia Prancis Tahun pada tanggal 31 Agustus setelah mantan presiden lama Polinesia Prancis Tahun, Gaston Flosse, sampai sekarang menentang kemerdekaan, memihak musuh yang panjang untuk menggulingkan Temaru Oscar Gaston Tong Sang pemerintah. Oscar Temaru Namun, tidak stabil mayoritas di Majelis Polinesia Perancis, dan teritorial baru pemilu diadakan pada bulan Februari 2008 untuk menyelesaikan krisis politik. Oscar Temaru Namun, tidak stabil mayoritas di Majelis Polinesia Prancis Tahun, dan Teritorial pemilu baru diadakan pada bulan Februari 2008 untuk menyelesaikan krisis politik.
Partai Gaston Tong Sang memenangkan pemilihan teritorial, tapi itu tidak menyelesaikan krisis politik: dua pihak minoritas Oscar Temaru dan Gaston Flosse, yang bersama-sama memiliki satu lagi anggota majelis teritorial dari partai politik Gaston Tong Sang, bersekutu untuk mencegah Gaston Tong Sang dari menjadi presiden Polinesia Perancis. Partai Gaston Tong Sang Memenangkan pemilihan Teritorial, tapi itu tidak menyelesaikan krisis politik: Minoritas PIHAK dua Oscar Temaru dan Gaston Flosse, yang bersama-sama memiliki satu lagi anggota majelis dari partai politik Teritorial Gaston Tong Sang, Bersekutu untuk Mencegah Gaston Tong Sang dari menjadi presiden Polinesia Prancis Tahun. Gaston Flosse kemudian terpilih menjadi presiden Polinesia Perancis oleh teritorial perakitan pada 23 Februari 2008 dengan dukungan dari partai pro-kemerdekaan yang dipimpin oleh Oscar Temaru, sementara Oscar Temaru terpilih sebagai ketua majelis teritorial dengan dukungan anti-kemerdekaan partai yang dipimpin oleh Gaston Flosse. Gaston Flosse Kemudian terpilih menjadi presiden Polinesia Prancis Tahun oleh Teritorial perakitan pada 23 Februari 2008 dengan Dukungan dari partai pro-kemerdekaan yang dipimpin oleh Oscar Temaru, sementara Oscar terpilih Temaru Teritorial Sebagai ketua Majelis Dukungan dengan partai anti-kemerdekaan yang dipimpin oleh Gaston Flosse. Keduanya membentuk kabinet koalisi. Keduanya Membentuk Kabinet Koalisi. Banyak pengamat meragukan bahwa persekutuan antara Gaston anti-kemerdekaan Flosse dan pro-kemerdekaan Oscar Temaru, yang dirancang untuk mencegah Gaston Tong Sang dari presiden menjadi Polinesia Prancis, bisa bertahan lama. Banyak Pengamat meragukan Bahwa Persekutuan antara Gaston Flosse anti-kemerdekaan dan pro-kemerdekaan Oscar Temaru, yang dirancang untuk Mencegah Gaston Tong Sang dari presiden menjadi Polinesia Prancis, bisa bertahan lama.
Pada pemilihan wali kota Perancis diadakan pada bulan Maret 2008, beberapa tokoh walikota yang anggota koalisi Flosse-Temaru kehilangan kunci kantor kotamadya di Polinesia Perancis, yang ditafsirkan sebagai penolakan dari cara Gaston Tong Sang, yang partainya Polinesia Perancis pemilih telah ditempatkan pertama dalam pemilihan teritorial bulan sebelumnya, telah dicegah dari presiden menjadi Polinesia Perancis oleh menit-menit terakhir aliansi antara Flosse dan Temaru pesta. Pada pemilihan wali kota dilaksanakan Prancis Tahun Maret 2008, walikota yang tokoh Beberapa anggota Koalisi Flosse-Temaru kehilangan kunci kantor kotamadya di Polinesia Prancis Tahun, yang ditafsirkan dari penolakan Sebagai cara Gaston Tong Sang, Polinesia Prancis Tahun partainya yang telah ditempatkan pertama pemilih dalam pemilihan Teritorial bulan sebelumnya, telah dicegah dari presiden menjadi Polinesia Prancis Tahun oleh menit-menit terakhir Flosse dan aliansi antara Temaru pesta. Akhirnya, pada 15 April 2008, pemerintah Gaston Flosse digulingkan oleh yang konstruktif mosi tidak percaya di majelis teritorial ketika dua anggota koalisi Flosse-Temaru meninggalkan koalisi dan berpihak Tong Sang pesta. Akhirnya, pada 15 April 2008, pemerintah digulingkan oleh Flosse Gaston konstruktif mosi tidak percaya di majelis Teritorial Ketika dua anggota Koalisi Flosse-Temaru Meninggalkan Koalisi dan berpihak Tong Sang pesta. Gaston Tong Sang presiden terpilih Polinesia Perancis sebagai hasil konstruktif ini mosi tidak percaya, tapi mayoritas di majelis teritorial sangat sempit. Gaston Tong Sang presiden terpilih Polinesia Prancis Tahun Sebagai hasil konstruktif ini mosi tidak percaya, tapi mayoritas di Majelis Teritorial sangat sempit. Dia menawarkan jabatan dalam kabinetnya untuk Temaru's Flosse dan pihak yang mereka berdua menolak. Dia menawarkan jabatan dalam kabinetnya untuk Temaru's Flosse dan pihak yang mereka berdua menolak. Gaston Tong Sang telah memanggil semua pihak untuk membantu mengakhiri ketidakstabilan dalam politik lokal, sebuah prasyarat untuk menarik investor asing diperlukan untuk mengembangkan ekonomi lokal. Gaston Tong Sang pihak telah memanggil semua untuk membantu mengakhiri ketidakstabilan dalam politik lokal, sebuah Prasyarat untuk menarik investor asing yang dibutuhkan untuk mengembangkan ekonomi lokal.
Komisi Tinggi Republik Republik Komisi Tinggi Meskipun perakitan lokal dan pemerintah, Polinesia Perancis tidak dalam asosiasi bebas dengan Perancis, seperti Kepulauan Cook dengan Selandia Baru atau Federated States of Micronesia dengan Amerika Serikat. Meskipun perakitan lokal dan pemerintah, Polinesia Prancis Tahun tidak dalam asosiasi bebas dengan Prancis Tahun, seperti Kepulauan Cook dengan Selandia Baru atau Federasi Mikronesia dengan Amerika Serikat. Sebagai jajahan seberang laut Perancis, pemerintah daerah tidak memiliki kompetensi dalam keadilan, pendidikan, keamanan dan pertahanan, langsung diberikan dan dikelola oleh Negara Perancis, yang Gendarmerie dan Militer Perancis. Sebagai jajahan Prancis Tahun seberdang laut, pemerintah daerah tidak memiliki kompetensi dalam keadilan, pendidikan, keamanan dan pertahanan, langsung diberikan dan Dikelola oleh Negara Prancis Tahun, yang Gendarmerie dan Militer Prancis Tahun. Wakil tertinggi Negara di wilayah adalah Komisaris Tinggi Republik di Polinesia Perancis (Perancis: commissaire Haut de la République). Wakil Tertinggi Negara di wilayah Republik adalah Komisaris Tinggi di Polinesia Prancis Tahun (Prancis Tahun: commissaire Haut de la République).
Polinesia Perancis juga mengirim dua wakilnya ke Majelis Nasional Perancis, salah satu yang mewakili sub-pembagian administratif Kepulauan Leeward, Kepulauan administrasi yang Austral subdivisi, komune (kotamadya) dari Moorea-Maiao, dan bagian barat Tahiti (termasuk ibu kota Papeete), dan lain pusat dan mewakili bagian timur Tahiti, yang Tuamotu-Gambir pembagian administratif, dan Kepulauan Marquesas pembagian administratif. Mengirim Polinesia Prancis Tahun juga Deputi dua Prancis Tahun ke Majelis Nasional, yang mewakili salah satu subdivisi administratif Kepulauan Leeward, Kepulauan Austral maka subdivisi administratif, yang komune (kotamadya) dari Moorea-Maiao, dan bagian barat Tahiti (termasuk ibu kota Papeete), dan lain pusat dan mewakili bagian timur Tahiti, yang Tuamotu-Gambir pembagian administratif, dan Kepulauan Marquesas pembagian administratif. Polinesia Perancis juga mengirim satu senator ke Senat Perancis. Mengirim Polinesia Prancis Tahun juga satu senator ke Senat Prancis Tahun.
Polinesia Perancis suara dalam pemilihan presiden Perancis dan pada saat pemilihan presiden Perancis 2007, di mana pemimpin pro-kemerdekaan secara terbuka Temaru Oscar dipanggil untuk memilih kandidat Sosialis Ségolène Royal sementara pihak menentang kemerdekaan umumnya mendukung calon kanan-tengah Nicolas Sarkozy , kedatangan di Polinesia Perancis adalah 69,12% pada putaran pertama pemilihan dan 74,67% pada putaran kedua. Polinesia Prancis Tahun suara dalam pemilihan presiden Prancis Tahun dan pada saat pemilihan presiden Prancis Tahun 2007, di mana pemimpin pro-kemerdekaan secara terbuka Oscar Temaru dipanggil untuk memilih kandidat Sosialis pihak sementara Ségolène Royal umumnya mendukung kemerdekaan menentang calon kanan-tengah Nicolas Sarkozy, para pemilih di Polinesia Prancis Tahun adalah 69,12% pada Putaran pertama pemilihan dan 74,67% pada Putaran kedua. Polinesia Perancis Nicolas Sarkozy pemilih ditempatkan di depan Ségolène Royal dalam putaran kedua pemilihan (2nd round: Nicolas Sarkozy 51,9%; Ségolène Royal 48,1%). Polinesia Prancis Tahun Nicolas Sarkozy pemilih ditempatkan di depan Ségolène Royal dalam pemilihan Putaran kedua (2nd round: Nicolas Sarkozy 51,9%; Ségolène Royal 48,1%).

TONGA
Tonga beroperasi sebagai monarki konstitusional. Penghormatan untuk menggantikan raja yang diselenggarakan di abad-abad awal untuk kepala terpenting yang suci, yang Tui Tonga. Kritik terhadap raja yang dianggap bertentangan dengan budaya dan etiket Tonga. Sebuah keturunan langsung raja pertama, Raja George Tupou V, keluarganya, beberapa bangsawan yang kuat, dan meningkatnya non-kasta elit kerajaan tinggal di banyak kekayaan, dengan seluruh negeri hidup dalam kemiskinan relatif. Dampak dari perbedaan ini adalah dikurangi oleh tiga faktor: pendidikan, kedokteran, dan kepemilikan lahan.
Tonga menyediakan bagi warga negaranya :
• Pendidikan gratis dan wajib untuk semua
• Pendidikan menengah hanya dengan biaya nominal Dan
• Asing yang didanai beasiswa untuk pasca pendidikan menengah.

Tongans menikmati tingkat yang relatif tinggi pendidikan, dengan tingkat melek huruf 98%, dan pendidikan tinggi sampai dengan dan termasuk medis dan lulus derajat (dikejar kebanyakan luar negeri).
Tongans juga memiliki akses ke sistem perawatan kesehatan nasional. Tonga konstitusi yang melindungi kepemilikan tanah: tanah tidak dapat dijual kepada orang asing (meskipun mungkin disewakan). Walaupun ada kekurangan tanah di pulau utama urbanisasi Tongatapu (di mana 70% dari populasi berada), ada lahan tersedia di pulau-pulau terpencil. Mayoritas penduduk terlibat dalam beberapa bentuk produksi pangan subsisten, dengan sekitar setengah memproduksi hampir semua kebutuhan pangan dasar mereka melalui pertanian, pemanenan laut, dan peternakan. Perempuan dan laki-laki mempunyai akses yang sama terhadap pendidikan dan perawatan kesehatan, dan cukup setara dalam lapangan kerja, tetapi perempuan didiskriminasi dalam memegang tanah, pemilihan politik, dan kementerian pemerintah. Namun, dalam tradisi Tonga wanita menikmati status sosial yang lebih tinggi daripada laki-laki [rujukan?], Sifat budaya yang unik di antara masyarakat-masyarakat kepulauan Pasifik. Perdana Menteri Feleti Sevele.
Pro-demokrasi di Tonga mempromosikan gerakan reformasi, termasuk keterwakilan yang lebih baik di DPR untuk mayoritas rakyat jelata, dan akuntabilitas yang lebih baik dalam urusan negara. Sebuah menggulingkan monarki itu sendiri bukan bagian dari gerakan dan institusi monarki terus memegang dukungan rakyat, bahkan ketika reformasi yang dianjurkan. Sampai baru-baru ini, masalah pemerintahan secara umum diabaikan oleh para pemimpin negara-negara lain, tapi donor bantuan utama dan tetangga Selandia Baru dan Australia sekarang menyatakan keprihatinan tentang beberapa tindakan pemerintah Tonga.
Mengikuti preseden Ratu Salote dan nasihat dari sejumlah penasihat internasional [siapa?], Pemerintah di bawah Raja Tāufaāhau Tonga Tupou IV (memerintah 1965-2006) menghasilkan uang ekonomi, internasionalisasi medis dan sistem pendidikan, dan memungkinkan akses oleh rakyat jelata untuk bentuk peningkatan kekayaan materi (rumah, mobil, dan komoditas lain), pendidikan, dan perjalanan luar negeri. Pemerintah telah mendukung Olimpiade dan kompetisi olahraga internasional lainnya, dan menyumbang pasukan penjaga perdamaian untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (terutama untuk Bougainville dan Kepulauan Solomon). The Tonga Pemerintah juga mendukung Amerika "koalisi yang bersedia" aksi di Irak, dan sejumlah kecil tentara dikerahkan Tonga, sebagai bagian dari gaya Amerika, ke Irak pada akhir 2004. Namun, kontingen dari 40 + pasukan kembali ke rumah pada tanggal 17 Desember 2004. Pada tahun 2007, kontingen kedua dikirim ke Irak, sementara dua lagi yang dikirim selama tahun 2008 untuk menjadi bagian dari tonga's berkesinambungan dukungan untuk koalisi. Keterlibatan Tonga ini akhirnya berakhir pada akhir tahun 2008 tanpa kehilangan kehidupan Tonga dilaporkan.
Raja sebelumnya, Tāufaāhau Tupou IV dan pemerintahnya membuat keputusan ekonomi bermasalah dan dituduh [oleh siapa?] Dari menyia-nyiakan jutaan dolar dalam investasi miskin. Masalah-masalah yang sebagian besar didorong oleh upaya untuk meningkatkan pendapatan nasional melalui berbagai dari skema, mengingat membuat sebuah tonga lokasi pembuangan limbah nuklir (ide mengambang di pertengahan 90-an oleh putra mahkota saat ini); Orang Protected Tonga menjual Paspor (yang akhirnya memaksa untuk memperwarganegarakan tonga pembeli, memicu keprihatinan berbasis etnisitas dalam Tonga); Pendaftaran kapal asing (yang terbukti terlibat dalam kegiatan ilegal, termasuk pengiriman untuk al-Qaeda); mengklaim satelit geo-orbital slot (pendapatan dari yang tampaknya milik Royal Princess, bukan negara); memegang sewaan jangka panjang tidak dapat digunakan pada Boeing 757 yang absen di Auckland Airport, menyebabkan runtuhnya Royal Indonesian Airlines; membangun bandara potensi hotel dan kasino dengan Interpol-menuduh pidana; [rujukan?] dan menyetujui sebuah pabrik rokok untuk ekspor ke China (melawan nasihat dari para pejabat medis Tonga, dan beberapa dekade pesan promosi kesehatan). Raja telah terbukti rentan terhadap spekulan dengan janji-janji besar dan kehilangan beberapa juta ( dilaporkan 26 juta USD) untuk Jesse Bogdonoff, seorang penasihat keuangan yang menyebut dirinya raja's Court Jester. Polisi telah memenjarakan pemimpin pro-demokrasi, dan pemerintah berulang kali menyita surat kabar The Indonesian Times (yang dicetak di Selandia Baru dan dijual di Tonga) karena telah editor vokal kritis terhadap kesalahan raja. Khususnya, dalam Kelea, diproduksi secara khusus untuk mengkritik pemerintah dan dicetak di Tonga dengan pemimpin pro-demokrasi Akilisi Pōhiva, tidak dilarang selama waktu itu. Pōhiva, bagaimanapun, telah mengalami pelecehan dalam bentuk tuntutan hukum sering.
Istana Kerajaan Tonga.
Pada pertengahan tahun 2003 pemerintah mengeluarkan amandemen konstitusi yang radikal untuk "Tonganize" pers, dengan lisensi dan membatasi kebebasan pers, sehingga untuk melindungi citra monarki. Amandemen ini dipertahankan oleh pemerintah dan oleh royalists berdasarkan nilai-nilai budaya tradisional. Pelisensian kriteria mencakup 80% kepemilikan oleh Tongans hidup di negara ini. Pada Februari 2004, kertas-kertas itu membantah lisensi di bawah undang-undang baru termasuk o Taimi Tonga (Tonga Times), yang Kelea dan Matangi tonga, sementara mereka yang diizinkan lisensi yang seragam berbasis gereja atau pro-pemerintah. RUU ini ditentang dalam bentuk beberapa ribu protes keras berbaris di ibukota, panggilan oleh Tui Pelehake (seorang pangeran, keponakan raja dan terpilih sebagai anggota parlemen) untuk Australia dan negara-negara lain untuk menekan pemerintah Tonga demokratisasi sistem pemilihan, dan surat perintah hukum menyerukan penyelidikan yudisial tagihan. Yang terakhir ini didukung oleh sekitar 160 tanda tangan, termasuk tujuh dari sembilan terpilih "Perwakilan Rakyat". Lengan yang kuat taktik dan gaffes telah dibayangi baik bahwa raja tua yang telah dilakukan dalam hidupnya, serta reformasi banyak manfaat bagi anaknya, Ahoeitu Unuakiotonga Tukuaho (Lavaka Ata Ulukālala), yang adalah Perdana Menteri dari 3 Januari 2000 untuk 11 Februari 2006. [netralitas masih diperdebatkan] Mantan Putra Mahkota dan raja saat ini, Tupoutoa, dan Pilolevu, Putri Royal, umumnya tetap diam mengenai masalah. Secara keseluruhan, perubahan yang mengancam akan mengganggu kestabilan politik, fragmen dukungan untuk status quo, dan tempat tekanan lebih lanjut pada monarki.
Ambox usang serious.svg Pada tahun 2005 pemerintah menghabiskan waktu beberapa minggu bernegosiasi dengan mencolok pekerja layanan sipil sebelum mencapai suatu penyelesaian. Kerusuhan sipil yang terjadi tidak terbatas hanya tonga; protes di luar raja Selandia Baru tinggal menjadi berita juga. Sebuah komisi konstitusional saat ini (2005-06) mempelajari usulan untuk memperbarui konstitusi. Perdana Menteri Pangeran Ahoeitu Unuakiotonga Tukuaho (Lavaka Ata Ulukālala) tiba-tiba mengundurkan diri pada 11 Februari 2006, dan juga menyerahkan portofolio kabinet yang lain. Terpilih Menteri Tenaga Kerja, Dr Feleti Sevele, menggantikan dia untuk sementara. Pada tanggal 5 Juli 2006, sebuah driver di Menlo Park, California menyebabkan kematian Pangeran Tu'ipelehake Uluvalu, istrinya, dan sopir mereka. Tu'ipelehake, 55, adalah wakil ketua komisi reformasi konstitusional, dan seorang keponakan dari Raja.
Tonga publik yang diharapkan beberapa perubahan ketika Siaosi Tupou V (kemudian Raja George Tupou V) menggantikan ayahnya pada tahun 2006. Pada tanggal 16 November 2006, kerusuhan pecah di ibukota Nuku'alofa ketika tampak bahwa parlemen akan menunda untuk tahun tanpa harus membuat kemajuan apapun dalam meningkatkan demokrasi dalam pemerintahan. Aktivis pro-demokrasi membakar dan menjarah toko-toko, kantor, dan gedung-gedung pemerintah. Akibatnya, lebih dari 60% dari pusat kota hancur, dan sebanyak 6 orang meninggal.
Pada 29 Juli 2008, Istana mengumumkan bahwa Raja George Tupou V akan melepaskan sebagian besar kekuasaan dan akan menyerahkan perannya dalam sehari-hari urusan pemerintahan kepada Perdana Menteri. Pengurus kerajaan mengatakan bahwa ini akan dilakukan untuk mempersiapkan monarki untuk tahun 2010, ketika sebagian besar parlemen pertama akan dipilih, dan menambahkan: “penguasaan satu-satunya polinesia kerajaan … adalah secara sukarela menyerahkan kekuasaannya untuk memenuhi aspirasi demokrasi demokrasi banyak umat-Nya. " Minggu sebelumnya, pemerintah mengatakan raja telah menyelesaikan penjualan kepemilikan aset negara yang telah menyumbang banyak kekayaan keluarga kerajaan.

TOKELAU
Kepala negara adalah Elizabeth II, Ratu di kanan Selandia Baru, yang juga memerintah atas Kerajaan Inggris dan Persemakmuran alam lainnya. Sang Ratu diwakili di wilayah oleh Administrator David Payton. Saat kepala pemerintahan adalah Kuresa Nasau, yang mengepalai Dewan untuk Pemerintahan yang berkelanjutan Tokelau, yang berfungsi sebagai kabinet. Dewan terdiri dari Faipule (pemimpin) dan Pulenuku (desa walikota) dari masing-masing dari tiga atol. Para raja adalah turun-temurun, administrator yang ditunjuk oleh Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru, dan kantor kepala pemerintahan berputar antara tiga Faipule untuk jangka satu tahun.
Amandemen UU yang Tokelau tahun 1996 menganugerahkan kekuasaan legislatif di Fono Umum, tubuh yang tunggal. Jumlah kursi tiap atol menerima dalam Fono ditentukan menurut jumlah penduduk - saat ini, Fakaofo dan Atafu keduanya memiliki delapan dan Nukunonu memiliki tujuh. [ Faipule dan Pukenuku (atol desa pemimpin dan walikota) juga duduk di Fono.
Pada tanggal 11 November 2004 Tokelau dan Selandia Baru mengambil langkah untuk merumuskan sebuah perjanjian yang akan mengubah Tokelau dari non-wilayah pemerintahan sendiri untuk mengatur diri-negara dalam asosiasi bebas dengan Selandia Baru. Selain perjanjian, yang disponsori PBB referendum penentuan nasib sendiri berlangsung, dengan tiga pulau pemungutan suara pada hari berturut-turut mulai 13 Februari 2006. (Tokelauans berbasis di Apia, Samoa, memberikan suara pada tanggal 11 Februari.) Out of 581 votes cast, 349 adalah untuk Free Association, menjadi pendek dari dua pertiga mayoritas yang diperlukan untuk mengukur untuk lulus. Referendum itu diprofilkan (agak terang-hati) dalam edisi 1 Mei 2006 dari The New Yorker majalah. Sebuah referendum ulangi berlangsung pada 20-24 Oktober 2007, sekali lagi sempit gagal untuk menyetujui pemerintahan sendiri. Kali ini suara itu pendek dengan hanya 16 suara atau 3%.
Pada bulan Mei 2008, Perserikatan Bangsa-Bangsa 'Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon mendesak negara-negara kolonial "untuk menyelesaikan proses dekolonisasi di setiap salah satu dari sisa 16 Non-Self-Pemerintahan Daerah", termasuk Tokelau. Hal ini menyebabkan Selandia Baru Herald memberikan komentar bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa "tampaknya frustrasi oleh dua usaha yang gagal untuk mendapatkan Tokelau memberikan suara untuk kemerdekaan". Pada April 2008, berbicara sebagai pemimpin Partai Nasional, masa depan Perdana Menteri Selandia Baru John Key menyatakan bahwa Selandia Baru telah "dikenakan dua referendum pada orang-orang dari Kepulauan Tokelau", dan mempertanyakan "kebijaksanaan yang diterima negara-negara kecil harus menjalani proses de-kolonisasi".

KEPULAUAN SOLOMON
Kepulauan Solomon adalah sebuah monarki konstitusional dan mempunyai sistem pemerintahan parlementer. Ratu Elizabeth II adalah Monarch di Kepulauan Solomon dan kepala negara, dia diwakili oleh Gubernur Jenderal yang dipilih oleh parlemen untuk masa jabatan lima tahun. Ada Parlemen tunggal dari 50 anggota, dipilih untuk masa jabatan empat tahun. Namun, Parlemen dapat dibubarkan oleh suara mayoritas dari para anggotanya sebelum berakhirnya masa kerjanya. Perwakilan parlemen didasarkan pada konstituen anggota tunggal. Hak pilih universal bagi warga negara di atas usia 21. Kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri, yang dipilih oleh Parlemen dan memilih anggota kabinet. Pelayanan masing-masing dipimpin oleh seorang anggota kabinet, yang dibantu oleh seorang sekretaris tetap, karier pegawai negeri, yang mengarahkan para staf pelayanan.
Pemerintah Kepulauan Solomon ditandai oleh lemahnya partai politik (lihat Daftar partai politik di Kepulauan Solomon) dan koalisi parlemen sangat tidak stabil. Mereka tunduk pada suara sering tidak percaya, dan pemerintah sering perubahan kepemimpinan sebagai hasilnya. Common perubahan kabinet. Kepemilikan tanah dicadangkan untuk Kepulauan Solomon. Undang-undang menyatakan bahwa penduduk asing, seperti Cina dan Kiribati, dapat memperoleh kewarganegaraan melalui pewarganegaraan. Tanah pada umumnya masih diadakan pada keluarga atau desa dasar dan dapat diturunkan dari ibu atau ayah menurut adat setempat. Para penduduk pulau enggan nontradisional menyediakan lahan untuk usaha ekonomi, dan ini terus-menerus telah mengakibatkan sengketa atas kepemilikan tanah.
Tidak ada kekuatan militer yang dikelola oleh Kepulauan Solomon, walaupun kekuatan polisi mencakup hampir 500 unit perlindungan perbatasan. Polisi juga bertanggung jawab untuk pemadam kebakaran, bantuan bencana, dan pengawasan maritim. Kepolisian dipimpin oleh seorang komisaris, yang ditunjuk oleh Gubernur Jenderal dan bertanggung jawab kepada perdana menteri. Pada tanggal 27 Desember 2006, Pemerintah Kepulauan Solomon mengatakan telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah negara itu kepala polisi Australia untuk kembali ke negara Pasifik. Pada tanggal 12 Januari 2007, Australia digantikan diplomat puncaknya diusir dari Kepulauan Solomon campur tangan politik dalam gerakan damai yang ditujukan untuk mengurangi empat bulan perselisihan antara kedua negara.
Pada tanggal 11 Juli 2007, Kepulauan Solomon bersumpah di Julian Moti sebagai Jaksa Agung. Moti saat ini ingin di Australia untuk anak-terkait pelanggaran seks. Perdana Menteri Australia John Howard yang disebut bergerak "sangat luar biasa". Australia Menteri Luar Negeri Alexander Downer telah menggambarkan negara sebagai "bahan tertawaan" dunia yang beradab. Namun demikian, tuntutan terhadap Moti Australia berkaitan dengan peristiwa-peristiwa di Vanuatu, dan biaya yang paralel di Vanuatu pengadilan diberhentikan pada 1990-an. Julian Moti Australia telah menarik perhatian karena ia menasihati Solomon Pemerintah untuk menyelidiki peran polisi di Australia tahun 2006 Honiara memprovokasi kerusuhan.
Di 13 Desember 2007, Perdana Menteri Manasseh Sogavare digulingkan oleh mosi tidak percaya di Parlemen, mengikuti pembelotan lima menteri ke Oposisi. Ini adalah pertama kalinya seorang Perdana Menteri kantor hilang dengan cara ini di Kepulauan Solomon. Tanggal 20 Desember, Oposisi Parlemen terpilih calon (dan mantan Menteri Pendidikan) Derek Sikua sebagai perdana menteri, dengan 32 suara menjadi 15.

SAMOA AMERIKA
Politik Samoa Amerika terjadi dalam kerangka demokrasi perwakilan presiden ketergantungan, di mana Gubernur adalah kepala pemerintahan, dan multipartai sistem partai. Politik Samoa Amerika presiden terjadi dalam Kerangka ketergantungan demokrasi representatif, di mana Gubernur adalah kepala pemerintahan, dan dari pluriform sistem multi partai. Samoa Amerika adalah sebuah wilayah tak berhubungan dan terorganisir wilayah Amerika Serikat, yang dikelola oleh Office of Insular Affairs, US Department of the Interior. Samoa Amerika adalah sebuah wilayah tak berhubungan dan terorganisir wilayah Amerika Serikat, yang Dikelola oleh Office of Insular Affairs, US Department of the Interior. Konstitusi diratifikasi pada tahun 1966 dan mulai diberlakukan pada tahun 1967. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh gubernur. Kekuasaan legislatif diberikan dalam dua kamar legislatif. Konstitusi diratifikasi pada tahun 1966 dan mulai diberlakukan pada tahun 1967. Kekuasaan Eksekutif dilaksanakan oleh gubernur. Kekuasaan Legislatif diberikan pada dua kamar Legislatif. Amerika partai politik (Republik dan Demokrat) ada di Samoa Amerika, tetapi hanya sedikit politisi yang selaras dengan para pihak. Amerika partai politik (Republik dan Demokrat) ada di Samoa Amerika, tetapi hanya sedikit politisi yang Selaras dengan para PIHAK. Peradilan independen dari eksekutif dan legislatif. The peradilan independen dari Eksekutif dan Legislatif.
Ada juga desa tradisional politik Samoa Islands, "fa'amatai" dan "fa'asamoa", yang berlangsung di Samoa Amerika Samoa dan independen, dan yang berinteraksi melintasi batas-batas saat ini. Ada juga desa tradisional Kepulauan Samoa politik, "fa'amatai" dan "fa'asamoa", yang berlangsung di Samoa Samoa Amerika dan independen, dan berinteraksi yang melintasi batas-batas saat ini. The Fa'asamoa adalah bahasa dan adat istiadat, dan protokol Fa'amatai dari "fono" (dewan) dan sistem terutama. The Fa'asamoa adalah bahasa dan adat istiadat, dan Protokol Fa'amatai dari "fono" (dewan) dan sistem terutama. Para Fa'amatai dan Fono terjadi pada semua tingkat dari tubuh Samoa politik, dari keluarga, ke desa, ke daerah, masalah-masalah nasional. Para Fa'amatai dan Fono terjadi pada semua tingkat dari Samoa tubuh politik, dari keluarga, ke desa, ke daerah, masalah-masalah nasional. The "matai" (kepala) dipilih oleh konsensus dalam fono dari keluarga besar dan desa yang bersangkutan. The "matai" (kepala) dipilih oleh konsensus dalam fono dari keluarga besar dan desa yang bersangkutan. Para matai dan fono (yang itu sendiri terbuat dari matai) memutuskan pada keluarga distribusi pertukaran dan sewa-menyewa tanah-tanah komunal. Para matai dan fono (yang itu sendiri terbuat dari matai) Memutuskan Pertukaran distribusi pada keluarga dan sewa-Menyewa tanah-tanah Komunal. Sebagian besar tanah di Samoa Amerika Samoa dan independen yang komunal. Sebagian besar tanah di Samoa Samoa Amerika yang Komunal dan independen. Sebuah matai dapat mewakili kelompok keluarga kecil atau keluarga besar yang mencapai pulau-pulau seberang, dan untuk kedua Amerika Samoa Samoa dan independen. Sebuah matai dapat mewakili kelompok keluarga kecil atau keluarga besar yang Mencapai SEBERANG pulau-pulau, dan untuk kedua Samoa Samoa Amerika dan independen. Lihat juga: Pemilihan Umum di Samoa Amerika dan kekuatan partai politik di Samoa Amerika Lihat juga: Pemilihan Umum di Samoa Amerika dan Kekuatan partai politik di Samoa Amerika.

Laode Muhamad Fathun
Nurul Farissa Q.
Sabir