Tuesday, March 23, 2010

PEMBAGIAN ETNIS DI KAWASAN PASIFIK BARAT DAYA

Asal Mula Penduduk Kepulauan Pasifik

Kepulauan Pasifik dihuni pertama kali oleh migrant dari Asia Tenggara. Walaupun tidak diketahui persis kapan migrasi itu dilakukan, cukup jelas mereka mulai menghuni di akhir jaman es, selama masa Pleistosin ( berakhir 10.000 tahun lalu ). Selama jaman es, luas laut lebih kecil daripada sekarang, Selat Sunda dan Sahul tidak tertutup air pada saat itu. Selat Sunda menghubungkan semenanjung Asia Tenggara dan menghubungkan banyak pulau di bagian barat Indonesia, seperti Pulau Jawa dan Sumatra. Selat Sahul menghubungkan Australia, New Guinea, dan kepulauan Aru di Indonesia. Ketika Selat Sunda dan Sahul tertutup, New Guinea terpisah dari Australia dan kepulauan bagian timur Indonesia semakin memisah dari Indonesia Tengah karena tertutup oleh air. Ras kulit hitam, yang disebut Austroloit, berlayar sampai ke New Guina dan pulau-pulau lain di Melanesia.
Gelombang selanjutnya dalam migrasi, ras Asia yang berbahasa Melayu-Polinesia, mendiami New Guinea dan sampai ke tenggara dengan menggunakan kano. Mereka menjangkau Kepulauan Fiji sekitar 3.500 tahun lalu. Diawal sekitar 5.000 tahun lalu, gelombang migrasi lainnya, bertubuh lebih pendek dan berkulit lebih terang, menjelajah kea rah timur dari Indonesia dan Filipina ke kepulauan Mikronesia.
Kepulauan Pasifik yang terakhir dihuni adalah Polinesia. Penduduk Polinesia, dengan karakteristik ras Asian, beberapa berasal dari Asia Tenggara. Pelayar Polinesia menempuh daerah Pasifik menggunakan bintang sebagai penunjuk. Mereka melengkapi wilayah oseania dengan menemukan Hawai pada sekitar abad ke 7 sampai 13. Karena hamper semua populasi Kepulauan Pasifik melewati Melanesia, wilayah tersebut memiliki penduduk yang menrupakan pencampuran dari banyak ras lainnya..
Eksplorasi Eropa dan Kolonial
Orang Eropa pertama yang menemukan Pasifik adalah seorang penjelajah dari Spanyol bernama Vasco Núñez de Balboa. Tujuh tahun kemudian, Navigator Portuis bernama Ferdinand Magelland, berlayar dari Spanyol, melewati Amerika Selatan yang kemudian berlayar sampai ke pasifik. Ia lalu mendarat di Kepulauan Tuamotu dan Guam. Penjelajah Eropa lainnya, termasuk Jakob Le Maire dan Abel Janszoon berlayar sampai ke Pasifik di awal abad ke 17. Walaupun semua penjelajah ini sangat mengerti tentang Pasifik, Navigator Inggeris bernama Kapten James Cook lah yang memberitakan Oseania ke Eropa. James Vook juga yang menemukan Kepulauan Sandwich pada abad 18 yang kemudian dikenal dengan kepulauan Hawai.
Penduduk eropa memberikan tragedy dan inovasi pada penduduk asli Kepulauan Pasifik. Penyakit yang diderita oleh penduduk eropa seperti TBC, cacar, dan campak mengurangi populasi di Oseania,terutama di Polinesia. Di beberpa wilayah kepulauan terjadi penurunan kepadatan penduduk. Penyakit yang ditularkan tidak berhenti menjangkit sampai pada awal abad ke 20. Selama abad ke 19, Perancis, Ingrris, Jerman dan Amerika Serikat menyatakan hamper seluruh kepulauan Pasifik menjadi Negara kolonialnya.
BAHASA
Tidak terhitung banyaknya bahasa yang ditemukan. Terdapat sekitar 1200 bahasa di kepulauan psifik, dan sekitar 700 bahasa terdapat di New Guinea. Bahasa-bahasa ini dibagi dalam dua kelompok, Papuan dan Malayo-Polynesian. Bahasa Papua terdapat di New Guinea, sedangkan Malayo- Polinesian terdapat di tempat lain di kepulauan Pasifik. Mayoritas penduduk di Kepulauan Pasifik menggunakan bahasa Malayo-Polinesian dalam kesehariannya. Bahasa Inggris dan bahasa Perancis, digunakan sebagai bahasa resmi Negara atau daerah yang diajarkan dalam bahasa pengantar di sekolah. Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi dari Fiji, Kiribati, New Zealand, Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Tonga, Vanuatu, dan Negara bagian Mikronesia. Bahasa Perancis menjadi bahasa resmi dari French Polinesia, New Cacedonia, Vanuatu, dan Wallis-Futuna
Penduduk dan Kebudayaan Melanesia
MELANESIA berarti “”Pulau Hitam” (dari bahasa Yunani: μέλας melas = hitam, νῆσος nesos = pulau2 ) adalah sebuah wilayah yang memanjang dari Pasifik barat sampai ke Laut Arafura, utara dan timur laut Australia. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Jules Dumont d'Urville pada 1832 untuk menunjuk ke sebuah etnis dan pengelompokan pulau-pulau yang berbeda dari Polinesia dan Mikronesia. Sekarang ini, klasifikasi rasial d'Urville dianggap tidak tepat sebab dia menutupi keragaman budaya, linguistik, dan genetik Melanesia dan sekarang ini hanya digunakan untuk penamaan geografis saja.
Negara berikut ini termasuk grup kepulauan Melanesia:
• Fiji
• Malukku
• New-Caledonia = Kaledonia Baru (yang merupakan dependensi Perancis)
• New-Guinea baik Papua Niugini (Irian Timur) en Irian Papoea
• Kepulauan Solomon yang mencakup negara Kepulauan Solomon dan Solomon Utara.
• Vanuatu
Walaupun terdapat banayak keberagaman penduduk asli di Melanesia, secara keseluruhan, penduduk di sana berkulit hitam dan berambutt keriting. Suku asli New Guinea bermigrasi bermigrasi ke pulau tersebut lebuh dari 30.000 tahun yang lalu. Kelompok kedua, suku Papua, mendominasi populasi penduduk di New Guinea. Kelompok ketiga adalah suku Melanesia, yang mendiami prtama kali dan merupakan suku asli Melanesia yang mendiami bagian ujung selatan New Guinea dan beberapa pulau dia Melanesia. Ketiga kelompok suku ini, merupakan keturunan ras Austroloid yang mendiami Australia dan beberapa bagia dari Asia Tenggara. Ras yan tidak berkulit gelap yang berada di wilayah Melanesia dapat kita temui di Fiji, yang memiliki kulit lebih terang yang biasa kita temui di wilayah Polinesia. Juga, beberapa penduduk Fuji juga berasal dari suku Indian yang dibawa oleh kapal Inggris anatara tahun 1979 dan 1916 untuk bekerja di pergebunan tebu. Kebanyakan penduduk Melanesia berkehidupan dari bertani dan sangat menganut budaya patrilineal.
Penduduk dan Kebudayaan Mikronesia
MIKRONESIA beasal dari bahasa Yunani: μικρός micros= 'kecil', νῆσος nesos= pulau2 adalah suatu kawasan pulau2 di Samudra Pasifik. Filipina terletak di sebelah barat, Indonesia di barat daya, Papua Nugini dan Melanesia di selatan, dan Polinesia di tenggara dan timur.
Istilah Mikronesia untuk pertama kalinya dicetuskan oleh Jules Dumont d’ Urville pada thaun 1831 untuk membedakan teritoria ini dari kelompok2 pulau lain. Sebelumnya telah dicetuskan Polynesia untuk kelompok2 pulau2 disekitar Samudra Pasifik lainnya yang berada agak ke selatan.
Pulau-pulau dibagain timur Mikronesia didiami oleh pe nduduk keturunan ras Polinesia, atau mongoloid, yang karakteristiknya adalah berkulit lebih terang dan berambut hitam lurus atau bergelombang, tapi tidak ikal. Di uung bagian barat kepulauan, ras kulit coklat Melayu dan kulit hitam Melanesia juga ditemukan.Karena sebagian besar mata pencaharian menra adalah sebagai pelaut dan sering bepergian antar pulau, Secara umum, penduduk Mikronesia hidup di pantai. Selain di Kiribati, kebudayaan di Mikronesia menganut system matrilineal. Di sana, kekeluargan juga sangat tinggi.
Sebelum jaman colonial, penduduk Mikronesia adalah penganut politeisme, yaitu kepercayaan yang menganut lebih dari satu tuhan atau dewa. Mereka percaya tuhanlah yang mengatur kesehatan, cuaca, dan kondisi-kondisi lainnya. Misionaris dari Amerika dan Eropa mengubah sebagian besar penduduk Mikronesia menjadi beragama Kristea, terutama Katolik Roma. Seni dan kerajinan di Mikronesia berupa ornament, tato, dan kerajinan kayu.
Penduduk dan Kebudayaan Polinesia
POLINESIA (dari bahasa Yunani: πολύς banyak= polus , νῆσος pulau Nesos) adalah subregion Oseania.
Diantara ketiga grup kepulauan ini Polynesia merupakan grup pulau2 yang terbesar di Samudra Pasifik. Luas kepulauan2 ini sekitar 294.000 km² dengan luas permukaan air yang berjumlah lebih dari 50 juta km². Keseluruhan terdiri dari 1000 pulau2
Polinesia, tidak seperti di Mikronesia dan Melanesia memiliki kebudayaan, bahasa dan kondisi fisik yang hamper serupa semua. Polinesia berasal dari ras mongolod, yang memilki kulit lebih terang dan tubuh lebih tinggi daripada penduduk di Mikronesia dan Melanesia. Rambut mereka hitam dan lurus atau bergelombang. Walaupun nenek moyang mereka tidak menggunakan bahan baku logam, mereka lebih memiliki kebudayaan yang lebih tinggi lagi dengan menggunakan bahan material yang terdapat di sana.
Sebelum jaman colonial, penduduk polinesia juga menemikan berbagai macam cara menangkap ikan, seperti menggunakan perangkap, jarring dan bermacam teknik menangkap ikan lainnya. Penduduk polinesia juga membuat patung besar yang terdapat di kepulauan bagian timur. Mereka sangat lihai dalam seni kerajinan tangan, yang keahlian tersebut diturunkan dari keluarga mereka hingga sekarang. Seni dan kebudayaan lainnya adalah seni suara dan tarian, yang cukp terkenal hingga sekarang di Kepulauaan Pasifik.
Pada jaman colonial, penuduk Polinesia percaya pada banyak tuhan, yang mewakilkan banyak aspek dalam lingkungan. Penduduk polinesia bahkan percaya bahwa mereka adalah keturunan langsung dari dewa-dewa mereka. Namun, seperti kebanyakan kepulauan pasifik lainnya, penduduk Polinesia sekarang menganut ajaran Kristen. Mayoritas beragama Protestan, dan minoritas menganut Katolik Roma. Di French Polinesia, terdapat 55 persen populasi yang menganut Protestan, dan sekitar 36 persen yang menganut Katolik.
Pulau2 berikut ini ditinjau dari geografis tergolong grup Polynesia:
• Aitutaki
• Australe islands atau Tubuai-islands (bagian dari Polinesia Perancis ).
• Kepulauan Baker
• Kepulauan Cook
• Kepulauan Gambier (bagian dari Polinesia Perancis )
• Genootschapseilanden (bagian dari Polinesia Perancis)
• Hawaï
• Kepulauan Howland
• Johnstonatol
• Kepulauan Kermadece
• Line-eilanden (bagian dari Kiribati, termasuk Kingmanreef, Palmyra-atol en Jarvis)
• Kepulauan Marquesase (bagian dari Polinesia Perancis)
• Kepulauan Midway (A.S.)
• Nauru
• New-Zealand
• Niue
• Kepulauan Paskah
• Kepulauan Phoenix atau Rawaki (bagian dari Kiribati)
• Kepulauan Pitcairn
• Samoa ( Samoa dan Samoa-Amerika)
• Tahiti (bagian dari Polinesia Perancis)
• Kepulauan Tokelau
• Tonga
• Kepulauan Tuamotu (bagian dari Polinesia Perancis)
• Tuvalu
• Wallis en Futuna

Polinesia terbagi menjadi dua kelompok budaya yang berbeda, Timur dan Barat Polinesia Polinesia. Budaya Polinesia Barat dikondisikan populasi tinggi. Lembaga ini memiliki pernikahan yang kuat dan berkembang dengan baik peradilan, moneter dan perdagangan tradisi. Ini terdiri dari kelompok Tonga, Niue, Samoa dan outliers Polynesia barat laut. Ukiran dari bubungan rumah yang Māori, ca 1840
Budaya Polinesia Timur sangat disesuaikan dengan pulau-pulau kecil dan atol, terutama Kepulauan Cook, Tahiti, yang Tuamotus, yang Marquesas, Hawaii, Rapa Nui dan pusat-pacific kecil kelompok. Pulau besar di Selandia Baru pertama kali diselesaikan oleh Polinesia Timur yang disesuaikan budaya mereka ke sebuah lingkungan non-tropis.
Tidak seperti di Melanesia, para pemimpin di Polinesia dipilih berdasarkan keturunan keturunan mereka. Namun Samoa, memiliki sistem lain pemerintahan yang menggabungkan unsur-unsur keturunan dan dunia nyata keterampilan untuk memilih pemimpin. Sistem ini disebut Fa'amatai.
Agama, pertanian, perikanan, prediksi cuaca, out-rigger kano (mirip dengan catamarans modern) konstruksi dan navigasi keterampilan yang sangat dikembangkan karena populasi dari seluruh pulau bergantung pada mereka. Perdagangan kedua kemewahan dan barang-barang duniawi itu penting untuk semua kelompok. Banyak pulau-pulau di dataran rendah dapat menderita kelaparan yang parah jika kebun mereka diracuni oleh garam dari badai-gelombang badai. Dalam kasus ini memancing, sumber utama protein, tidak akan mudah kehilangan energi makanan. Navigator, khususnya, yang sangat dihormati dan setiap pulau mempertahankan rumah navigasi dengan perahu-luas bangunan.
Permukiman oleh orang Polinesia terbuat dari dua kategori: dusun dan desa. Ukuran dari pulau berpenghuni menentukan apakah sebuah desa yang tidak akan dibangun. Pulau-pulau vulkanik yang lebih besar biasanya memiliki dusun karena banyaknya zona-zona yang bisa dibagi di seluruh pulau. Makanan dan sumber daya yang lebih banyak dan jadi pemukiman ini empat sampai lima rumah (biasanya dengan kebun) yang didirikan sehingga tidak akan ada tumpang tindih antara zona. Desa, di sisi lain, dibangun di pantai-pantai pulau-pulau kecil dan terdiri dari tiga puluh atau lebih rumah-dalam kasus atol, hanya pada salah satu dari kelompok makanan sehingga budidaya ini pada yang lain. Biasanya desa ini diperkaya dengan dinding dan pagar yang terbuat dari batu dan kayu.
Namun, Selandia Baru menunjukkan sebaliknya: besar pulau-pulau vulkanik dengan desa diperkaya.
Selain juga sebagai navigator besar orang-orang ini seniman dan pengrajin keterampilan besar. Objek sederhana, seperti ikan-kait akan diproduksi sesuai standar secara tepat untuk berbagai menangkap dan dihiasi dekorasi bahkan ketika itu bukan bagian dari fungsi. Dalam beberapa kelompok pulau menenun adalah bagian kuat dari budaya dan Gifting artikel anyaman praktek yang tertanam. Senjata batu dan kayu dianggap lebih kuat lebih baik mereka dibuat dan didekorasi. Tempat tinggal yang dijiwai dengan karakter oleh keterampilan bangunan mereka. Tubuh hiasan dan perhiasan adalah standar internasional untuk hari ini.
Atribut agama Polinesia yang umum seluruh Pasifik. Meskipun ada beberapa perbedaan dalam berbicara bahasa mereka sebagian besar memiliki penjelasan yang sama untuk menciptakan bumi dan langit, karena para dewa yang menguasai aspek kehidupan dan praktek-praktek religius kehidupan sehari-hari. Orang-orang melakukan perjalanan ribuan kilometer untuk perayaan bahwa mereka semua yang dimiliki secara komunal.
Karena jumlah relatif besar sekte kompetitif misionaris Kristen di pulau, banyak kelompok Polynesia telah dikonversi menjadi Kristen. Polinesia semua anggota keluarga Kelautan bahasa, sub-cabang dari rumpun bahasa Austronesia.

ETNIS MINORITAS DI PASIFIK BARAT DAYA
FIJI
Etnis Fiji mengisi 51 persen penduduk negara itu, sisanya 44 persen diisi etnis India. Etnis India menguasai pariwisata dan perekonomian negara yang berbasis gula.
Etnis India pertama kali memasuki wilayah Fiji sebagai pekerja perkebunan tebu, “centeng” dalam produksi gula, dan sukses setelah bekerja keras.
Konflik mengenai etnis India di Fiji akan paparkan minggu depan.


Daftar pustaka
http://en.wikipedia.org/wiki/Polynesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Melanesia
hhtp://id.wikipedia.org/wiki/Mikronesia
http://wahyupnguinea.wordpress.com/nasional/
hhtp://sayapbarat.wordpress.com/2008/10/14/kepulauan-pasifik/
hhtp://ninafizi.wordpress.com/2008/07/02/uas-2

2 comments:

  1. berarti...mengarungi Samudera bertemu Dunia...

    ReplyDelete
  2. Buy Online Casino | Slots | Online Casino | Roulette | Slots
    Free Slots Casino Games. For Fun. Play 인카지노 For Fun. No Registration Required. Practice 제왕카지노 or success at Slots 카지노 Casino.

    ReplyDelete